Keajaiban Spotted Lake – Airnya Mirip Hamparan Kain Bermotif Unik

Fenomena keajaiban Spotted Lake. Dari ribuan danau yang tersebar di seluruh dunia, mungkin Spotted Lake adalah satu-satunya yang paling istimewa.

Saat di potret dari udara, terlihat mirip hamparan kain bermotif unik. Atau, laksana palet warna yang siap digoreskan di atas kanvas lukisan.

Namun dibalik keanggunan parasnya, ternyata danau ini menyimpan sejuta misteri ilmiah. Meski begitu, Spotted Lake tetap menjadi tujuan wisata favorit para pelancong dunia.

Keajaiban Spotted Lake

Sejarah Danau Spotted


Terletak di antara Lembah Okanagan dan Similkameen di gurun British Columbia, Kanada. Awalnya tempat ini ditemukan oleh masyarakat First Nations dengan nama Kliluk.

Selama berabad-abad dipuja menjadi tempat suci dan dianggap sebagai sumber perairan terapeutik. Terlihat tumpukan batu-batu disekeliling danau yang  konon merupakan kuburan leluhur mereka.

Meskipun tanah yang mengelilingi danau adalah hak milik penduduk setempat selama bertahun-tahun, tapi dalam kurun waktu hampir 40 tahun, wilayah itu berada di bawah kendali Ernest Smith.

Pada tahun 1979, Smith berusaha untuk menciptakan danau sebagai area spa terbesar di wilayah Kanada.

Sejatinya, tanah yang mengelilingi danau adalah hak milik penduduk setempat selama bertahun-tahun. Hingga di tahun 2001, barulah penduduk Okanagan berupaya untuk membeli kembali lahan tersebut.

Maka pada bulan Oktober 2001, terjadi kesepakatan untuk membeli 22 hektar lahan dengan total biaya mencapai $ 720.000.

Spotted Lake

Misteri Keajaiban Danau Spotted Lake


Selama Perang Dunia I, mineral dari danau sering digunakan dalam produksi amunisi untuk bahan peledak. Mineral tersebut dipanen oleh buruh yang menambang sebanyak satu ton garam dari danau setiap hari.

Menurut British Columbia Visitor Centre, sebelum penambangan mineral, danau menampilkan variasi warna dan keindahan artistik yang luar biasa.

Penduduk asli Okanagan percaya bahwa masing-masing lingkaran (spot) yang terbentuk di permukaan danau memiliki khasiat sebagai obat kesembuhan berbagai penyakit.

Sayangnya, pengunjung danau tak boleh melihat terlalu dekat. Sebuah pagar telah dipasang untuk melindungi wilayah tersebut dengan sebuah tanda yang menjelaskan bahwa itu adalah area sensitif secara kultural dan ekologis.

Tapi ada banyak tempat di sepanjang jalan raya yang bagus untuk melihat titik-titik poliak danau terkenal itu.

Danau Spotted Lake

Konsentrasi Mineral dan Garam Spotted Lake


Setelah diteliti, ternyata Spotted Lake terkonsentrasi dengan berbagai mineral. Air danau mengandung deposit padat magnesium sulfat, kalsium dan natrium sulfat. Selain mineral, terkandung juga perak dan titanium dengan konsentrasi yang lebih rendah.

Di musim panas ketika air menguap di iklim padang pasir, mineral ini terberai membentuk “spot-spot” sesuai dengan nama danau itu. Tiap spot memiliki warna yang berbeda satu sama lain.

"Bintik-bintik" besar di danau muncul dengan warna sesuai komposisi mineral dan jumlah presipitasi musiman. Magnesium sulfat yang mengkristal, merupakan penyumbang utama warna pada spot-spot yang terbentuk.

Fenomena alam lainnya : Ada Misteri Batu Berjalan di Death Valley, Ini Logika Ilmiahnya

Warna kolam merupakan hasil  konsentrasi mineral yang terkumpul di dalam air. Berasal dari aliran air yang mengalir dari bukit-bukit sekitarnya. Warna air bergantung pada konsentrasi mineral di masing-masing kolam.

Sisa mineral yang mengeras membentuk "jalan setapak" alami di sekitar danau dan di antara titik-titik itu. Pada saat itulah, Anda bisa berjalan-jalan di antara titik-titik poligon kristal garam melalui bagian danau yang kering.

Di musim dingin dan musim semi, danau yang terletak di barat laut Osoyoos ini akan nampak seperti danau pada umumnya.

Tapi karena sebagian besar air mulai menguap di musim panas, menyisakan ratusan kolam kecil berwarna hijau, meninggalkan lansekap bintik kuning, hijau dan biru.

CBC menyebut Danau Spotted sebagai "tempat paling ajaib di Kanada."

0 komentar