Busyet! Kakek ini Belum Tidur Lebih dari 45 Tahun

Thai Ngoc petani pengidap insomnia. Tidak tidur untuk sehari atau bahkan seminggu, tubuh seseorang bisa mengalami masalah kesehatan serius. Lalu bagaimana jika lebih dari 45 tahun, ngga kebayang kan?

Jangan disangka hal itu mustahil terjadi.

Di sebuah peternakan di lembah Na Trang, desa Que Son, Vietnam, ada seorang kakek tua yang belum pernah tidur sejak 45 tahun yang lalu. Namanya Thai Ngoc.

Fenomena aneh ini dialaminya ketika berumur 20 tahun. Sampai sekarang, ia masih belum mampu memejamkan matanya untuk tidur, meskipun hanya beberapa menit.

Dr Nguyen Gia Thieu, Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Quang Nam, menuturkan bahwa Thai Ngoc's mengalami susah tidur yang aneh tapi tidak berbahaya.

Lebih lanjut dokter itu menjelaskan bahwa fenomena ini terutama disebabkan masalah sistem saraf di otaknya.

Thai Ngoc Pengidap Insomnia

Thai Ngoc Petani Tua Perkasa


Orangnya berkulit hitam mengkilap. Otot-otot tubuhnya terlihat sehat dan keras meskipun kering karena usia.

Saat ngobrol, matanya yang besar dan hitam jarang sekali berkedip. Tak terlihat raut kesusahan atau kelelahan di mata pria berusia 75 tahun itu.

Thai Ngoc adalah seorang petani tulen. Lahan pertaniannya ia bagi menjadi beberapa plot dan setiap plot ia tanami pohon yang sangat dibutuhkan.

Misalnya akasia (untuk pembuatan kertas), pohon untuk produk kayu, seperti Do bau (Aquilaria Agallechea), Cho (Parashorea stellata Kury), Sao den (Hopea odorata Roxb), dan sebagainya.

Karena insomnia, ia sering menjaga lahan pertaniannya di malam hari. Pernah selama 3 bulan, tiap malam ia menggali dua kolam besar untuk memelihara ikan. Dan itu dilakukannya tanpa tidur sekalipun.

Pada tahun 2006, di usia 64, dua karung pupuk seberat lebih dari 50kg ia panggul setiap hari melalui jalan sepanjang 4 km ke rumahnya.

Pada usia tuanya, setiap hari Thai Ngoc masih sering memanggul dua ikat kayu bakar berat yang ia kumpulkan dari bukit terdekat menuju ke rumahnya.

Di malam hari, Ngoc terus melakukan pekerjaan bertani, seperti memanen padi, membajak tanah, menanam kentang, merawat tanaman kedelai, dan lain-lain. Setelah usai, dia membuat keranjang dan peralatan rumah tangga lainnya.

Puncaknya, di tahun 2010, ia dinobatkan oleh majalah asing sebagai satu-satunya orang Vietnam yang luar biasa.

Thai Ngoc dan Kolam ikannya

Thai Ngoc dan Insomnia


Ngoc adalah satu dari sedikit orang di dunia ini yang memiliki gangguan tidur. Hampir setengah dari hidupnya, Ngoc tak pernah tidur dan tak tahu sampai kapan ia bisa kembali tidur pulas.

Awalnya, pada tahun 1973 Ngoc mengalami demam tinggi hingga entah kenapa hal itu justru membuatnya mengidap insomnia akut. Ia sempat berpikir bahwa penyakitnya akan segara berlalu.

Namun, 40 tahun kemudian, setelah menghabiskan lebih dari 12 ribu malam dia masih tak bisa tidur.

Secara medis, orang takkan selamat tanpa tidur selama itu. Tetapi Ngoc hanya mengalami problem kesehatan ringan pada fungsi hatinya.

Selama mengidap amnesia, tak sekalipun ia berobat ke dokter. Ngoc mengaku sempat frustasi gara-gara penyakit ini. Ia pernah mencoba melawannya dengan alkohol, tetapi gagal.

Salah satu alasan yang menjelaskan bagaimana Ngoc bisa bertahan begitu lama tanpa tidur adalah "micro-dream". Micro-dream terjadi ketika otak lelah, dan selama beberapa detik seseorang dibuat tertidur.

Meski tidak bisa tidur, Ngoc secara mental tidak pernah merasa lelah.

"Saya tidak tahu apakah insomnia telah mempengaruhi kesehatan saya atau tidak. Bagi saya, tidur atau bangun sama saja, dan saya tetap dapat bekerja pada siang hari atau malam hari. Bertani secara normal seperti orang lain," katanya.

PThai Ngoc Pelopor Penghijauan di Desanya

Thai Ngoc Tenar Berkat Insomnia


Selain bertani, tiap hari Ngoc membuat bir anggur sebagai sumber penghasilan utamanya. Dari 5 liter alkohol per hari, dijual seharga VND 25,000.

Meski berpenghasilan minim, anehnya Ngoc sempat menolak tawaran ribuan dolar dari saluran TV asing yang ingin memfilmkan kehidupan kesehariannya, hanya karena dia “tidak suka” itu.

Untuk membuktikan, atau membantah klaim Thai Ngoc, kru kamera dari banyak negara mengunjungi rumah Ngoc untuk memfilmkan setiap aktivitasnya selama 24 jam.

Pada tahun 2009, 5 anggota kru film dari saluran TV Thailand tinggal di rumah Ngoc selama beberapa hari.

Sebelumnya, mereka melakukan tes terhadap ingatan Ngoc. Saat Ngoc melewati ujian dengan mudah, mereka memasang lebih dari sepuluh kamera di setiap sudut rumah pria itu.

Setelah beberapa hari diawasi - diuji lewat detector kebohongan, para tamu tersebut tak mampu lagi menyangkal fenomena yang terjadi pada Thai Ngoc

Orang unik lainnya : Natasha Demkina, Wanita Super Bergelar Gadis Sinar-X

Dia terbukti tidak tidur di malam hari atau pun pada siang hari meskipun di bawah pengawasan ketat. Mereka akhirnya mengundang Ngoc ke Thailand untuk perawatan secara gratis, namun Ngoc menolak.

Setelah kru TV Thailand, berikutnya seorang kru film dari Inggris berkunjung ke rumah Ngoc. Seperti kru Thailand, hasil investigasinya tak jauh berbeda.

Ngoc pun dibawa ke Rumah Sakit Jantung Da Nang untuk diperiksa. Dokter mendiagnosis bahwa ia memiliki beberapa masalah peredaran darah di otak.

Ada lagi kru film Australia yang ikut nimbrung. Ngoc di iming-imingi VND30 juta (hampir $ 3.000) untuk kontrak pembuatan film eksklusif tentang dirinya selama 18 bulan, namun kembali Thai Ngoc menepis tawaran itu.

Sejauh ini, Ngoc telah menerima selusin kru film asing dari berbagai negara. Namun, dia tahu apa yang media tulis tentang dirinya hanyalah penuturan dari tetangga atau keponakannya.

Beberapa ilmuwan medis dari luar negeri juga mengundang Ngoc untuk dilakukan penelitian dan pengobatan, tapi Ngoc tetap tak bergeming.

"Jika saya sakit karena tidak bisa tidur dan tidak bisa disembuhkan di rumah, maka saya akan menerima undangan itu. Tapi nyatanya saya baik-baik saja, merasa sehat dan bekerja tanpa lelah. Saya bersyukur atas fenomena ini, hingga bisa mengubah 8 hektar hutan gundul menjadi daerah produktif hijau. " kata Ngoc.

0 komentar