Piano House – Arsitektur Gedung Paling Romantis di China

Piano House di China. Beragam bangunan unik telah berdiri di atas bumi ini dengan model arsitektur yang aneh-aneh. Ada yang terlihat seperti rumah nanas, ikan dan bahkan mirip keranjang piknik pun juga ada.

Tapi dari semua itu, inilah salah satu gedung paling aneh namun elegan. Terlebih saat dipantau dari udara, terlihat layaknya piano dengan biola bercahaya yang sedang bersandar di dekatnya.

Bangunan ini benar-benar menarik. Perpaduan replika raksasa dua instrument alat musik klasik yang terkenal sebagai penghasil suara nan harmoni dan berkelas.

Piano House – Arsitektur Gedung Paling Romantis di China

Adalah kota Huainan yang menjadi tuan rumah salah satu bangunan paling tidak biasa dan indah di Provinsi Anhui, China, dialah Piano House.

Piano House adalah hasil karya mahasiswa arsitektur di Universitas Teknologi Hefei yang bekerja sama dengan Proyek Dekorasi Faru Huainan.

Rumah piano ini berdiri di atas tiga kaki beton dan dilengkapi teras atap di bawah kanopi yang modelnya mirip kap bagian atas piano. Dan menariknya, hampir seluruh desain gedung dibalut oleh kaca hitam dan transparan.

Dibangun pada tahun 2007 dalam upaya untuk memperbaiki ekonomi dan mendorong pariwisata Kota Huainan.

Boleh dibaca : 3 Arsitektur Museum Guggenheim yang Bikin Orang Sering Tertipu

Interior Piano House

Interior Gedung Piano House


Piano House termasuk desain arsitektur mengagumkan dengan skala perbandingan 50:1 dari bentuk piano dan biola aslinya. Bisa jadi ini menjadikannya sebagai instrumen skala terbesar di dunia.

Menurut Architizer, untuk mengakses gedung utama (piano) Anda harus melalui ekskalator di dalam biola kaca.

Jadi, gedung biola berfungsi sebagai tangga menuju berbagai lantai bangunan piano utama.

Dari situ Anda bisa melihat berbagai rencana dan proyek pembangunan kota yang sedang dirancang oleh pemerintah daerah setempat dalam upaya meningkatkan ekonomi warga dan menarik wisatawan maupun pendatang.

Bagian bawah piano mencakup dua ruangan konser yang berbeda. Berfungsi sebagai tempat latihan bagi musisi daerah setempat yang sedang berkunjung ke kampus tersebut.

Selain memiliki ekskalator, di dalam Piano House juga terdapat ruang pertemuan, aula untuk resepsi pernikahan dan acara lainnya.

Bangunan ini juga menjadi tujuan wisata paling populer di Huanian. Setiap harinya bisa Anda saksikan turis dan penduduk lokal sedang duduk-duduk santai di bawah gedung piano.

Tak sedikit yang memanfaatkan biola raksasa sebagai spot selfie atau berfoto bareng teman-teman.

Di malam hari, terpancar cahaya dari lampu neon yang menguraikan setiap rusuk bangunan piano dan biola.

Piano House Saat Malam

Maka bisa dipastikan bahwa Piano House oleh penduduk setempat telah dianggap sebagai bangunan paling romantis di China.

Artikel terkait : Bentuk Bangunan ini Mirip Banget Toilet

Proyek Arsitektur yang Lebih Unik dan Kreatif di Huainan


Memang tak disebutkan secara pasti kenapa dan untuk siapa gedung itu dibangun. Namun, seiring makin populernya gedung ini, Rumah Piano telah menjadi kebanggaan masyarakat di provinsi Anhui.

Pemerintah daerah setempat telah mempersiapkan proyek gedung baru lainnya dengan desain arsitektur yang luar biasa.

Stadion bola raksasa, bangunan raksasa berbentuk dayung pingpong, dan banyak bangunan menarik lainnya adalah mega proyek yang sedang dicanangkan untuk menyusul kesuksesan Piano House.

Tapi tampaknya rencana itu akan sulit terealisasi mengingat undang-undang pemerintah China yang baru tentang larangan atau aturan ketat terhadap desain arsitektur yang nyeleneh.

Meski begitu, Piano House tetaplah salah satu bangunan terindah di Huainan, Cina. Dan jika Anda penggemar musik dan arsitektur, inilah satu-satunya desain bangunan arsitektur yang mungkin bisa jadi favorit Anda.

Piano House – Arsitektur Gedung Paling Romantis di China Piano House – Arsitektur Gedung Paling Romantis di China Reviewed by UNI KUI on 11/02/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.