Air Keran Berwarna Merah Darah, Warga Kanada Geger

Penduduk kota Onoway propinsi Alberta, Kanada sempat gempar pada Senin malam. Terjadi peristiwa aneh yang belum pernah mereka saksikan sebelumnya. Mereka mendapati air keran berubah warna jadi merah muda keungu-unguan - mirip darah segar. Sungguh fenomena tak biasa.

Setiap kejadian pasti ada sebabnya. Setelah ditelisik oleh warga, perubahan itu diduga karena kondisi air yang telah terkontaminasi. Dan benar saja, petugas lokal pun mengkonfirmasi hal itu. Air berubah menjadi merah karena tercemar, namun tanpa sengaja.

Boleh dibaca :  Ada Misteri Batu Berjalan di Death Valley, Ini Logika Ilmiahnya

air berubah warna

Secara publik, para pihak terkait telah meminta maaf atas ketidaknyamanan itu. Bahwa warna merah muda pada air keran penduduk disebabkan karena adanya kesalahan maintenance saat proses pembersihan dan sterilisasi.

Maintenance ini memang dilakukan perusahaan pengelola air bersih secara teratur. Hanya saja kali ini prosesnya mengalami sedikit ' kebocoran ' yang membuat air seharusnya jernih malah menjadi merah jambu.

Sumber kekeliruan berasal bahan kimia potassium permanganate yang memang selalu digunakan petugas untuk membersihkan air dari limbah dan kotoran.

Perusahaan Town of Onoway inilah yang bertanggung jawab atas insiden air bersih yang mereka kelola. Sebenarnya, penggunaan potassium permanganate dalam proses pembersihan air sangat dibolehkan.

Apesnya, potassium permanganate ternyata “bocor” (atau bahkan tumpah) melalui pipa yang mengalir menuju rumah-rumah penduduk.

Akibatnya, warga yang seharusnya menikmati air bersih dan steril malah kebagian jatah air tercampur bahan pembersih yang seharusnya disaring sedemikian rupa sampai benar-benar jernih.

Town of Onoway bersungguh-sungguh meminta maaf tentang kekeliruan yang terjadi ini. Kami pastikan bahwa air yang kami kelola selalu bersih, dan petugas lokal telah berusaha menangani masalah ini secepatnya,” demikian pernyataan maaf perusahaan Town of Onoway yang dipublikasikan di situs resminya.

Lebih rinci lagi mereka menjelaskan, “Ketika proses pembersihan air, ada sedikit masalah pda katup yang rusak, sehingga potassium permanganate keluar lalu mengalir ke “wadah bersihnya. Wadah bersih ini sebenarnya sudah dikeringkan, namun masih ada sisa-sisa potassium permanganate yang mengalir ke sistem distribusi.

Baca juga :  Catatumbo Lighting, Fenomena Tiada Hari Tanpa Sambaran Petir

fenomena air berubah warna

Tentang Potassium Permanganate


Potassium permanganate adalah sejenis obat-obatan senyawa kimia anorganik yang biasa digunakan untuk membersihkan luka dan dermatitis (semacam peradangan yang terjadi pada kulit).

Jika potassium permanganate dilarutkan ke dalam air, yang terjadi adalah perubahan warna menjadi merah muda. Perubahan ini sebenarnya wajar. Dan ketika air yang tercampur potassium permanganate diuapkan, maka ia akan berubah menjadi kristal berwarna ungu.

Warna ungu atau merah muda bukanlah alasan kenapa potassium permanganate digunakan dalam proses pembersihan air, melainkan karena potassium permanganate mampu melepas senyawa besi dan hydrogen sulphide yang terkandung dalam air limbah atau sumur.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, potassium permanganate juga berfungsi untuk menyembuhkan luka pada kulit atau peradangan kulit.

Namun, jika langsung menumpahkan air yang tercemar itu (yang berwarna merah jambu) ke kulit, maka yang terjadi bukanlah penyembuhan luka pada kulit, tapi justru menambah lebih banyak luka.

Ini terjadi karena kekuatan oksidasi yang melampaui batas – sangat-sangat kuat. Efeknya bukannya menyembuhkan malah justru bisa menimbulkan luka baru. Penggunaan yang tepat dapat membuat potassium permanganate mampu menyembuhkan luka pada kulit.

Seperti kita tahu, senyawa kimia tak mungkin langsung dapat dikonsumsi oleh manusia. Namun, para petugas di Town Onoway menegaskan bahwa air yang telah tercemar ini tak berbahaya jika diminum oleh manusia secara langsung.

Kebanyakan dari para penduduk tak akan mengalami risiko kesehatan apa pun ketika mengonsumsi air yang kami kelola secara normal seperti biasanya.

Jadi, warna merah jambu itu bukan berarti air benar-benar tercemar. Hanya sisa dari potassium permanganate yang telah mengalami penyaringan, sehingga resiko bahayanya pun ikut tersaring sebelumnya.

0 komentar