3 Arsitektur Museum Guggenheim yang Bikin Orang Sering Tertipu

Mengenal keunikan museum Solomon R Guggenheim.  Jika kebetulan Anda melintas atau saat melihat capture tanpa judul dari bangunan ini, saya yakin Anda bakalan tertipu. Mungkin tebakan Anda itu adalah mall, gedung pemerintahan, atau badan penelitian.

Wajar sih. Orang ngga akan nyangka bangunan dengan arsitektur spektakuler itu ternyata adalah sebuah museum. Ya…itulah Museum Guggenheim. Sekedar info nih ya ! Museum Guggenheim ini tersebar di 3 kota besar Eropa. Masing-masing dibangun pada era yang berbeda.

Biar nambah pinter, saya ajak Anda menyusuri di mana saja museum ini berada dan apa saja keunikannya. Kita mulai dari yang paling tua.

museum guggenheim New York

Museum Guggenheim New York


Pendirinya adalah Salomon Robert Guggenheim. Berlokasi di jantung kota New York, tepatnya di Upper East Side Manhattan.

Didalam museum terdapat berbagai macam koleksi seni impresionis dan kontemporer. Berbagai gelaran pameran seni atau even special seni tahunan sering diadakan di museum ini.

Dulunya museum ini bernama the Museum of Non-Objective Painting. Tapi sejak meninggalnya sang pendiri museum pada tahun 1952 nama museum diubah sesuai nama pendirinya.

Museum yang sekilas bentuknya mirip tornado jongkok ini dirancang oleh Frank Lloyd Wright yang diresmikan pada 21 Oktober 1959.

Desainnya berbentuk silindris yang sedikit melebar ke atas dengan tutup tabal sebagai symbol “temple of spirit”. Bagian dalam gedung berbentuk spiral, menurun dan memanjang hingga ke lantai dasar.

Oleh warga New York, museum Guggenheim dinobatkan sebagai salah satu landmark arsitekur kota. Untuk menjaga orisinalitasnya, museum ini mengalami dua periode renovasi, yaitu tahun 1992-1993 dan tahun 2005-2008).

Artikel terkait :  Arsitektur Bangunan ini Mirip Banget Toilet, Jijik Ngga ya?

Dan uniknya, miniatur bangunan ini bisa Anda temukan juga lewat permainan LEGO. Nih buktinya…

lego guggenheim museum

Museum Guggenheim Bilbao - Spanyol


Salah satu cabang museum terkenal Guggenheim terdapat di Bilbao, Spanyol yang merupakan pusat seni kontemporer di negara itu. Corak bangunannya bergaya dekonstruksi yang unik dari seni arsitektur modern.

Umur museum di Bilbao lebih muda dibandingkan museum Guggenheim di New York. Baru dibuka untuk umum dan diresmikan pada tahun 1997. Meskipun pemilihan lokasi terjadi secara kebetulan, tapi pada kenyataannya kalangan wisatawan dan sebagian besar masyarakat dapat menikmati museum yang tidak biasa ini.

museum guggenheim bilbao spanyol

Secara keseluruhan, bangunan museum adalah hasil rancangan arsitek Kanada bernama Frank Owen Gehry.

Karya seni yang dipamerkan museum Bilbao ini tak akan Anda temui di museum lain yang sejenis. Disini berisi koleksi seni yang tak biasa. Dibalut suasana dan spirit misterius namun modern. Eksteriornya memiliki gaya yang unik berbahan kaca dan batu pasir serta berlapis plat titanium.

Di sekitar area museum terdapat dua patung unik. Tepatnya di pintu masuk berdiri anjing raksasa yang terbuat dari rangkaian ratusan bunga hasil kreasi Jeff Koons. Tak jauh dari situ, giant spider karya Louise Bourgeois ikut berdiri dengan angkuhnya menghadang setiap pengunjung museum.

Selain itu, banyak kejutan untuk pengunjung. Salah satunya adalah fenomena kabut buatan yang menyelimuti museum saat cuaca sedang cerah. Dari kejauhan museum akan nampak seperti pesawat ruang angkasa yang mengambang di atas awan sungai Nervión.

patung anjing dan laba-laba - museum bilbao

Pada malam harinya, wisatawan disuguhi atraksi air mancur api Yves Klein, yang bergerak secara acak mengikuti iringan musik yang terdengar di dalam dan luar museum.

Semua hiburan itu adalah hasil proyek Fujiko Nakaya yang dipersembahkan khusus untuk museum Bilbao yang tak akan Anda jumpai di tempat lain.

Biasanya museum Guggenheim di Bilbao ini ramai saat musim panas tiba. Pameran seni kontemporer dibuka setiap tanggal 1 Juli – 31 Agustus jam 10:00 hingga 20:00. Di luar tanggal itu, museum buka setiap hari, kecuali hari Senin dengan tarif masuk dipatok sebesar 11 Euro (anak-anak gratis).

Boleh dibaca : Piano House - Arsitektur Gedung Paling Romantis di China

Museum Guggenheim Vilnius - Lithuania


Wisata museum kita berakhir di Vilnius, Lithuania. Disinilah cabang museum Guggenheim baru didirikan, yang akan menampung sebagian koleksi dari Yayasan Solomon R. Guggenheim yang berbasis di New York dan museum di negara bagian St. Petersburg.

museum guggenheim Lithuania

Dirancang oleh Zaha Hadid dengan konsep fluiditas, kecepatan, dan keringanan. Sekilas bangunan ini mirip pesawat UFO yang melayang di atas landasan buatan yang luas.

Garis hijau terang melingkari patung museum. Mengisyaratkan teka-teki dengan garis lengkung yang mengikuti kontur panjang bangunan.

Berbeda dengan kawasan bisnis disekitar area museum, bangunan ini merupakan manifestasi dari signifikansi budaya baru Vilnius. Museum ini akan menjadi tempat dimana Anda bisa bereksperimen dengan ide galeri, kompleksitas spasial dan gerakan.

Eksterior bangunan dibalut nuansa metalik glossy. Sub volume bangunan diekspresikan melalui lipatan dan tonjolan pada modulasi fasad,  menciptakan banyak cara untuk membaca bangunan secara keseluruhan yang dibentuk oleh bagian integralnya.

Bagian ini mencerminkan berbagai institusi dan badan yang digabungkan dalam museum, seperti Hermitage, Guggenheim dan juga kota Vilnius.

Melalui manipulasi tanah di atas sungai yang menuju taman dan jembatan, yang dapat diakses pada beberapa tingkatan. Posisi bangunan masing-masing berada di tepian sungai di tepi kota Vilnius.

Ruang eksterior dimodulasi dengan formasi landscape yang menciptakan beberapa jejak atau plinth di mana berbagai aktivitas dan pertunjukan digelar.

Tangga besar di balkon berfungsi sebagai ruang auditorium untuk skrining musim panas dan aktivitas lainnya. Lansekap di sekitarnya merupakan kelanjutan lanskap internal yang menghubungkan lobby museum.

Desain museum Zaha Hadid ini mengarah ke bahasa arsitektural masa depan, yang merupakan bagian dari penelitian inovatif dalam ZHA yang mencakup teknologi desain digital terbaru dan metode fabrikasi digital.

Penerapan teknologi digital canggih sepanjang perjalanan proyek memungkinkan alur kerja yang mulus dari bentuk cairan papan gambar ke proses realisasi. Bahasa arsitektur yang inovatif memenuhi teknologi baru untuk mengartikulasikan kompleksitas proyek ini.

1 komentar: