Keunikan Pola Hitam Putih Kulit Panda

Pola hitam putih kulit panda. Panda menjadi satu-satunya hewan yang memiliki pola warna kulit yang unik. Putih dan hitam letaknya teratur pada masing-masing kulit bagian tubuhnya. Tak seperti zebra dengan warna hitam putih yang tersusun secara acak.

Kini para peneliti mulai mempertanyakan penyebab pola warna hitam putih pada kulit panda.

Colouration adalah warna yang dipantulkan atau dimunculkan pada kulit hewan. Dalam dunia fauna, hal ini memiliki banyak fungsi. Misalnya untuk menarik perhatian lawan jenis, menghindari predator, dan lain sebagainya.

Untuk mencari tahu apa yang menyebabkan suatu hewan memiliki warna kulit semacam itu, ahli biologi biasanya akan membuat perbandingan antara spesies satu dengan yang lain dengan jenis habitat yang sama.

Sebagai contoh, meskipun hidup di dua tempat yang berjauhan, macan tutul (di Afrika dan Asia) dan jaguar (di Amerika) memiliki warna hitam dan sawo matang yang sama pada badannya. Fungsinya untuk beradaptasi dengan lingkungan terang saat mengintai mangsanya.

Umumnya binatang memiliki ciri khas pada badannya, yakni bintik dan garis. Sedangkan pada panda masalahnya lebih unik. Panda memiliki warna hitam yang konsisten pada kaki, paha, serta di sekitar kedua mata dan telinganya.

Tumbuhan unik nih : Ngga Nyangka, Tanaman ini Mirip Banget Bola Bisbol! Pernah Lihat?

keunikan hewan panda

Pola warna kulit panda sangatlah langka. Tak ada hewan lain yang seperti ini. Sehingga para peneliti dari University of California, Davis, dan California State University, Long Beach, bekerja sama untuk memecahkan misteri ini.

Mereka membandingkan dan menyamakan masing-masing bagian tubuh yang memiliki pola warna yang unik dengan hewan lain yang sejenis.

“Terobosan pada studi adalah dengan membuat anggapan bahwa setiap bagian tubuh adalah area yang independen,” jelas Tim Caro dari University of California Davis.

Tim membandingkan area tubuh yang unik dengan warna hitam dan putih pada panda dengan warna kulit dari 39 subspesies beruang, bersama dengan 195 spesies karnivora, dimana ketiganya memiliki jenis habitat yang sama.

Penelitian dilakukan dengan mengamati ribuan gambar untuk mengetahui sedikitnya 20 warna kulit yang mungkin terdapat pada 10 area tubuh panda.

“Penelitian ini dapat menghabiskan waktu hingga ratusan jam hanya untuk menjawab satu pertanyaan yang sederhana: kenapa kulit panda hitam dan putih?” kata peneliti Ted Stankowich.

Jika dilihat lebih detail, panda tampak memiliki belang-belang hitam dan putih untuk membaur ke dalam dua habitat yang berbeda. Pertama, di daerah pegunungan di Cina bagian tengah yang merupakan rumah aslinya. Kedua, di tempat lain untuk berkomunikasi dengan teman dan musuhnya.

Tidak seperti hewan karnivora lainnya, panda sangat bergantung pada tunas bambu sebagai makanan favoritnya yang kebetulan banyak tersedia di habitatnya. Namun anehnya, makanan seperti tunas bambu sangat sulit dicerna bagi hewan biasa.

Hewan unik lainnya : 5 Hewan Laut Unik Berpostur Tubuh Futuristik

Fungsi Warna Hitam dan Putih pada Panda


Panda hidup dengan membatasi gerakan mereka sehari-hari. Meskipun badannya gemuk, panda cenderung malas mengumpulkan cadangan makanan untuk bertahap hidup di musim dingin.

Hal ini berarti panda harus selalu aktif sepanjang tahun untuk bertahan hidup di musim dingin dengan cukup makanan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Nah, warna putih pada perut dan kepalanya dapat membantu mereka untuk membaur di lingkungan es dan salju tanpa terlihat oleh predator semacam macan tutul atau serigala.

Warna hitam pada pergelangan tangan dan kakinya dapat membantu mereka bersembunyi di dalam bayangan bambu-bambu yang kerap dilakukan saat musim panas.

Sedangkan warna hitam pada kedua kelopak matanya berfungsi sebagai alat  berkomunikasi dengan panda lainnya. Telinga hitamnya dipakai untuk menunjukkan kemarahan kepada predator.  Seolah mengusir predator untuk pergi menjauh.

Di tahun yang sama, tim peneliti juga membahas pola warna yang hampir sama pada zebra. Ternyata fungsinya untuk memusingkan serangga terbang yang ingin mendekatinya.

Pada akhirnya, tak semua hewan secara alami memiliki warna hitam atau putih. Semua itu ada karena memiliki fungsinya masing-masing.

Penelitian ini dipublikasikan di Behavioral Ecology.

Keunikan Pola Hitam Putih Kulit Panda Keunikan Pola Hitam Putih Kulit Panda Reviewed by UNI KUI on 4/19/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.