5 Hewan Laut Unik Berpostur Tubuh Futuristik

Hewan laut paling unik di dunia. Para ahli biologi NOAA baru saja menyelesaikan ekspedisi selama tiga minggu menuju American Samoa di Samudra Pasifik. Penyelaman ke bawah laut saat awal ekspedisi, telah memperlihatkan berbagai bentuk kehidupan bawah laut yang tak terduga.

Tim kapal peneliti bernama Okeanos Explorer mengirim sebuah kendaraan khusus ROV (remotely operated vehicle) ke bawah laut berkedalaman hingga 4 kilometer (atau 2.5 mil) untuk menemukan makhluk-mahluk laut dengan postur “aneh”. Salah satunya adalah ikan yang tampak berjalan dengan kaki kecil mirip stik.

Hewan Laut Paling Unik Di Dunia

Penyelaman dimulai 16 Februari hingga 26 Februari, dan beroperasi di bawah tiga suaka laut yang berbeda: Rose Atoll Marine National Monument; National Park of American Samoa; dan National Marine Sanctuary of American Samoa.

Penyelaman tersebut telah menemukan puluhan spesies bintang laut yang belum pernah dilihat sebelumnya. Selain bintang laut, ditemukan pula sepon, karang, dan moluska, serta ubur-ubur kosmik dan Venus Flytrap Anemone yang terbilang langka.

“Terlalu banyak sisa-sisa habitat laut dalam yang belum diketahui karena terlindungi struktur geologi wilayah ini,” kata anggota tim NOAA, Santiago Herrera di George Dvorsky at Gizmodo.

“Untuk pertama kalinya, ekspedisi ini akan membantu kita menggali informasi baru dengan menjelajahi area lautan dalam di American Samoa.”

Tumbuhan yang ini sangat unik : Ngga Nyangka, Tanaman ini Mirip Banget Bola Bisbol! Pernah Lihat?

Hewan Laut Unik


Inilah beberapa binatang aneh hasil temuan para peneliti.

1. Rainbow Ctenophore


Rainbow Ctenophore

Secara mengejutkan makhluk ini ditemukan NOAA di gunung vulkanik bawah laut bernama Vailulu’u. Vailulu’u ini merupakan gunung bawah laut di Samudera Pasifik yang banyak berisi habitat unik.

Menurut para peneliti di sana, cahaya yang dipantulkan dari badan Rainbow Ctenophore bukanlah cahaya yang sebenarnya, melainkan pancaran dari bulu matanya.  Bulu mata Rainbow Ctenophore membiaskan pelangi yang menembus hingga ke bawah laut yang mengarah pada dirinya.

2. Venus Flytrap Anemone




Makhluk yang satu ini memiliki pesona tubuh yang cantik sekaligus menyeramkan. Venus Flytrap Anemone seringkali hinggap tepat di atas Iridogorgia (karang yang sudah mati) yang letaknya dekat dengan area dimana remotely operated vehicle (ROV) ditempatkan.

Santiago Herrera mengatakan bahwa makhluk yang cukup aneh ini memegang tentakel yang menyengat lengkap dengan harpun mikroskopis untuk menyuntikkan racun pada mangsa yang terjerat di dalam mulutnya yang berwarna merah mudah.

3. Cosmic Jellyfish




Hewan ini masuk ke dalam keluarga Rhopalonematidae, bentuknya sangat cantik mirip pesawat UFO. Termasuk jenis ubur-ubur dengan kanal yang mengelilingi secara vertical pada bagian kepalanya. Pada kanal ini, juga menempel Gonad dan kadang dua set tentakel.

Cosmic Jellyfish ditemukan di gunung laut Utu di National Marine Sanctuary of American Samoa. Ubur-ubur ini ditemukan pada kedalaman sekitar 3000 meter (atau 9842 kaki), dan tampak sangat ‘angkuh’ saat menunggu makanan datang.

Baca ini juga : Keunikan Pola Hitam Putih Kulit Panda

4. Hydroid Berkepala Aneh


Hydroid Berkepala Aneh

Kepala yang dimiliki oleh hydroid ini tampak aneh dan menyedihkan. Tapi, NOAA mendeskripsikannya begini:

“Sebuah hydroid yang sendirian ini ditemukan ketika menjelajahi gunung laut Leoso, yang terbentang antara American Samoa Exclusive Economic Zone (EEZ) dan Cook Islands EEZ pada kedalaman sekitar 3770 meter (atau 12.368 kaki).”

5. Armored Searobin




Ini dia makhluk terakhir yang menjadi favorit saya. Makhluk laut aneh dengan tubuh berlapis mirip baja. Bukan hanya tampak seperti berjalan dengan dua kaki kecil mirip stik, namun juga memiliki moncong berbentuk seperti tanduk.

Makhluk unik ini juga memiliki cabang barbel atau cambang di depan mulutnya, dengan sirip lebar dan besar berwarna ungu mirip sayap kupu-kupu.

Anda dapat melihat gambar dan video lainnya mengenai penyelaman NOAA di situs web resminya DI SINI.
5 Hewan Laut Unik Berpostur Tubuh Futuristik 5 Hewan Laut Unik Berpostur Tubuh Futuristik Reviewed by UNI KUI on 4/06/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.